Jumat, 11 September 2015

Menabung Untuk Menikah

Well menikah? Ya itu adalah sebuah kata sakral bagi yang mendengarnya apalagi bagi yang usianya sudah dirasa cukup untuk menikah. Mungkin banyak diantara anda semua yang belum menikah sering kali mendapat berbagai pertanyaan dari sanak keluarga bahkan teman-teman mengenai rencana pernikahan.
Sama seperti anda saya pun demikian (curcol), tapi bagi saya menikah itu bukanlah hal yang mudah dan main-main, semuanya harus dipersiapkan dengan matang (siap materi, fisik dan psikis).

Menikah hampir menjadi impian tiap pasangan yang sudah mulai serius menapaki hubungan. Demi mewujudkan pernikahan impian banyak pasangan kekasih yang sudah mulai menabung dari jauh-jauh hari demi pesta pernikahan yang diinginkan ya contohnya saya dan pasangan karena sejak pertama kali dia meminta saya untuk menjadi kekasihnya pada tahun 2012 lalu (cielah curcol lagi) saya bertanya pada ybs, ini hubungan untuk having fun atau untuk menikah hingga maut memisahkan? (well terdengar lebay mungkin tapi untuk para wanita kalian harus mempertanyakan ini loh suer karena kalian tak mau tentunya jadi korban PHP). Begitu pujaan hati menyatakan serius untuk menikah disaat itu lah kami menyusun planning mengenai rencana pernikahan kami, mulai dari estimasi kapan menikah sampai estimasi biaya pernikahan dan biaya beli rumah karena kami tidak mau ntar-ntar dan kebetulan kami berkomitmen biaya pernikahan kami adalah hasil tabungan kami berdua dan tidak mau meminta orang tua agar terasa susahnya mencari uang untuk kebahagiaan kami sehingga kami tidak akan mudah untuk menghancurkan mahligai rumah tangga nantinya ketika ada masalah (hahai lebay)

Nah berikut adalah cara-cara menabung untuk mempersiapkan pernikahan (versi kami yang mana kami pelajari juga dari pengalaman yang sudah berpengalaman dan dari baca-baca di internet) :

1. Tentukan kapan estimasi tahun kalian akan menikah


2. Buatlah estimasi venue, catering, tatarias, dan segala printilan pernikahan yang kalian inginkan, dan buatlah planning perkiraan budget jika semua itu di realisasikan pada tahun yang telah kalian tentukan. Coba sering-sering koleksi kartu nama venue, vendor catering, wo, sanggar rias yang kalian incar dan cari tahu harganya dari tahun ke tahun.



3. Jika sudah membuat estimasi, buatlah tabungan sendiri khusus untuk menikah (kalau saya sih cenderung membuka tabungan yang kira-kira ATM nya jarang ditemui karena TBH saya itu boros banget..weew), sedangkan pasangan saya membuka tabungan khusus menikah juga seperti saya dan juga menabung dalam bentuk emas.


4. Ubah kebiasaan kencan mewah menjadi kencan yang sederhana, karena dana yang kalian hemat untuk berkencan bisa kalian gunakan untuk menambah biaya foto prewedding, foto booth saat pernikahan atau menambah biaya souvenir.
Misalnya saja, daripada makan di restoran mewah, lebih baik kalian memasak bersama dan menghabiskan waktu di rumah. Tak harus selalu update film di bioskop, kalian bisa mengadakan movie marathon dengan mendownload film dari internet.


5. Cicil membeli seserahan dalam jangka waktu per bulan. Dalam waktu satu bulan kamu dan pasangan cukup membeli satu macam barang, dan ini akan membuat beban kalian berdua berkurang. Mungkin tips dari saya beli lah terlebih dahulu barang seserahan yang lebih awet jangka waktunya seperti mukena/ tas, dan untuk kosmetik bisa mendekati bulan pernikahan. Contoh nya saya tiap bulan saya selalu membeli kosmetik MAC favorite saya (tentunya seizin calon suami supaya diganti uangnya) lalu barang-barang seserahan lainnya. Apabila cara ini kalian lakoni, tentunya kamu dan pasangan tidak akan merasa terlalu terbebani.


6. Kamu dan pasangan juga bisa menekan pengeluaran dengan menerapkan sistem uang saku dan terus mencatat pengeluaran menggunakan buku atau note agar pengeluaran kalian tidak keluar dari anggaran uang saku tiap harinya.


7. Daripada mengendari kendaraan sendiri, lebih bijak jika kalian pergi berdua pulang pergi kantor karena selain menghemat cara ini juga bisa membuat kalian lebih lekat. Iya kalau tidak bisa setiap hari bisa diatur waktunya, dan hindari menggunakan transportasi umum yang mahal jika tidak bisa berangkat bersama, dan jika kebetulan kantor kalian memang tak searah, minta bantuan saja kepada kawan atau saudara yang kebetulan akan pergi ke arah yang sama.


8. Buatlah tabungan untuk membeli rumah setelah menikah dan jangan lupa untuk membeli perabotan rumah tangga satu persatu dari sekarang, dan perabotan itu bisa disimpan terlebih dahulu dirumah salah satu dari kalian.

1 komentar:

  1. Dear brides and grooms to be
    Salam hangat dari HIS Seskoad Grand Ballroom Bandung.
    Kami dengan bangga mempersembahkan venue terbaru kami yaitu “HIS Seskoad Grand Ballroom”, Gedung seskoad yang berletak strategis nan mewah yang menjadi favorit para calon pengantin ini kini berada di naungan HIS, untuk itu fasilitas yang terdapat di gedung seskoad grand ballroom kini berstandard seperti gedung HIS lainnya, “Ballroom full karpet eksklusif, AC, Lampu Kristal, dan design ruangan yang elegan&mewah”. Selain gedung, kami juga bekerjasama dengan banyak pilihan vendor ternama di Bandung, mulai dari catering, busana&MUA, dekorasi, music & entertainment, fotografi&videografi, MC, wedding car, hingga pelayanan yang kami miliki untuk membantu calon pengantin dari awal sampai akhir yaitu, Wedding Public Relations, Wedding Planner, dan Wedding Executor. Dengan sistem “One Stop Wedding Service”, Kami pastikan akan memberikan pelayanan terbaik dalam membantu dari awal hingga di hari Bahagia akang teteh
    Untuk itu kami mengundang akang teteh calon pengantin, untuk datang ke pre-launching HIS Seskoad Ballroom kami, dan segera dapatkan HARGA PRE-LAUNCHING yang pasti akan sangat worth it dengan fasilitas dan pelayanan yang kami berikan serta BONUS FANTASTIS! untuk akang teteh calon pengantin Cuma di HIS SESKOAD GRAND BALLROOM.

    For more info and detail call :
    Wedding Public Relations HIS Seskoad Grand Ballroom
    Jl. Gatot Subroto No. 96 Bandung.
    Giyan : 082261170022 (WA)
    INSTAGRAM : @his_seskoad @giyanti.hisseskoad

    See u brides and grooms to be!
    -HIS Wedding Venue Organizer-

    BalasHapus